Susunan dan Bagian Hard Disk Drive

Sebelum memperbaiki Harddisk, anda harus mengetahui dulu susunan dan bagian-bagian dari harddisk:

1.Piringan / Platter adalah sebuah plat atau piringan yang berfungsi sebagai media penyimpanan data, berupa cakram padat yang memiliki pola-pola magnetis pada tiap permukaannya, biasanya terbuat dari metal yang mengandung jutaan / milyaran magnet-magnet kecil (magnet domain). Domain-domain diatur dalam satu atau dua arah yang mewakili binary code “1” dan “0” Jumlah Plate pada masing-masing berbeda tergantung dari jenis harddisk dan kapasitasnya.

2.Poros Spindle merupakan tempat meletakan platter dan memiliki sebuah penggerak yang berfungsi memutarkan platter yang disebut splinder motor. Satuan ukuran perputarannya adalah RPM (Rotation per minutes = putaran permenit). Kecepatan harddisk yang ada sekarang 5400 RPM, 7200 RPM dan 10.000 RPM.

3.Head berfungsi untuk membaca data pada permukaan platter dan menulis informasi data ke dalamnya. Sebuah Platter memiliki 2 buah Head (karena 1 buah platter permukaan atas dan bawahnya berfungsi sebagai media penulisan dan pembacaan data).

4.Slider dan Aktuator; Slider merupakan tempat dudukan head, slider sendiri terletak dan melekat pada sebuah tangkai yang disebut actuator arms, dan menyambung pada actuator axes yang dipasang patent pada poros actuator dan dikendalikan oleh Controler.

5.Controller Board berfungsi sebagai pengendali pertukaran informasi data antara komponen harddisk dengan komponen komputer yang lainnya. Sebuah kabel penghubung menghubungkan controller board untuk mengatur dan menggerakan actuator dan spindle motor.

6.Jumper berfungsi untuk menyambungkan antara pin yang satu dengan yang lainnya, disini fungsinya untuk mengatur setting Master atau Slave dari sebuah Harddisk.

0 komentar:

Poskan Komentar